Senin, 08 Mei 2023

MONITORING BUDIDAYA IKAN SISTEM NET TANCAP DI DESA PAKAPURAN KECIL

 Selasa 9 Mei 2023.

Keramba Jaring Tancap (KJT) atau (fixed net cage) adalah sistem teknologi budidaya dalam wadah berupa jaring yang diikatkan pada patok yang menancap ke dasar perairan. Komponen ini meliputi rangka, kantong jaring, patok dan rumah jaga. Patok berfungsi sebagai penyangga jaring sehigga dapat berbentuk segi empat, terbuat dari bambu, kayu, atau beton. 







Sistem ini ditempatkan pada perairan danau, laut, sungai, atau waduk yang memiliki kedalaman sekitar 2-3 m. Keramba Jaring Tancap (KJT) merupakan jaring kantong berbentuk persegi yang dipasang pada kerangka bambu atau kayu yang ditancap pada dasar perairan. Pasangan kayu / bambu ditancap rapat, seperti pagar, atau hanya dipasang di bagian sudut kantong jaring. Ikan yang dapat dibudidayakan dengan teknik karamba jaring tancap yaitu ikan mas, nila, patin, lele, bawal, betutu dan jenis ikan air tawar lainnya.

Budidaya perikanan merupakan suatu kegiatan pemeliharaan ikan dalam kondisi terkontrol yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat atau pelaku usaha. Kegiatan budidaya ikan dapat memberikan manfaat berupa memberikan pemasukan keuangan bagi masyarakat,memanfaatkan lahan kosong dan juga dapat memenuhi kebutuhan pangan. 

Hasil dari monitoring Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Selatan di Bumdes SETIA KAWAN desa Pakapuran Kecil Kecamatan Daha Utara menunjukkan bahwa usaha budidaya ikan sistem net tancap layak dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DINAS PERIKANAN BAGI AIR BERSIH DI KAYU ABANG

Senin, 16 Oktober 2023. Dalam menghadapi musim kemarau yang panjang tahun ini (2023), Dinas Perikanan turut berpartisipasi dalam kegiatan B...