Kamis, 06 Juli 2023

Monitoring Bantuan Kolam Bundar Budidaya Ikan Lele dan Gabus

Dinas Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Bidang Perikanan Budidaya bersama dengan Tim Rivieu Inspektorat Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap bantuan pemerintah berupa sarana dan prasarana perikanan Kolam Bundar Budidaya Ikan Lele dan Gabus di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Kandangan dan Kecamatan Kalumpang pada Jum'at tanggal 7 Juli 2023.







Pokdakan yang dikunjungi adalah Pokdakan Sumber Rezeki Kelurahan Kandangan Barat dan Pokdakan Kayu Karas Desa Sirih Hulu Kecamatan Kalumpang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana Kemanfaatan dari bantuan yang diberikan oleh Pemerintah baik dari Kementerian maupun Daerah kepada Kelompok Pelaku Utama Perikanan dan juga memberikan motivasi agar pelaku utama dapat meningkatkan hasil produksinya serta meningkatkan juga kesejahteraannya.

Dari hasil monev ini, diketahui bahwa bantuan pemerintah telah dimanfaatkan dan dioperasikan dengan benar oleh kelompok guna memenuhi kebutuhan kelompoknya, adapun beberapa kendala hanya masalah teknis saja seperti masih kurangnya pengetahuan tentang teknik pembesaran budidaya ikan gabus dan  keluhan sedikit tentang bagaimana cara memberikan pakan yang benar, kemudian diskusi pakan apa yang baik untuk pertumbuhan calon induk ikan arwana maupun ikan konsumsi agar ikan yang dihasilkan nantinya adalah ikan yang benar-benar berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DINAS PERIKANAN BAGI AIR BERSIH DI KAYU ABANG

Senin, 16 Oktober 2023. Dalam menghadapi musim kemarau yang panjang tahun ini (2023), Dinas Perikanan turut berpartisipasi dalam kegiatan B...